Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Muslim Cendekia, yang sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Ar Rayah, secara resmi dibuka pada tanggal 19 November 2014. Pembukaan program studi ini didasarkan pada izin operasional dengan nomor 6568 tahun 2014. Lahirnya prodi ini karena dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat Indonesia di beberapa daerah terhadap guru bahasa Arab yang kompeten dan professional, baik di lembaga formal maupun non formal. Dengan semangat untuk mencerdaskan bangsa, Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Muslim Cendekia terus berupaya menjadi pusat pendidikan unggulan yang berorientasi pada kualitas, integritas, dan kontribusi nyata bagi kemajuan umat. Sebagai bentuk komitmen terhadap mutu akademik, Prodi PBA berhasil meraih akreditasi pertamanya pada tanggal 21 Maret 2017 dengan peringkat B. Keberhasilan ini kemudian dilanjutkan dengan pencapaian akreditasi kedua pada tanggal 22 Maret 2022, juga dengan peringkat B.
Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Yang Unggul dan Berkualitas di Indonesia
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan industri.
- Melaksanakan penelitian inovatif di bidang pendidikan bahasa Arab untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pendidikan bahasa Arab untuk kemaslahatan umat.
- Membentuk lulusan yang profesional, mandiri, dan berakhlak mulia melalui pembinaan karakter Islami yang kuat.
- Membangun kerja sama strategis dengan lembaga pendidikan, keagamaan, dan kebahasaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
ecara komprehensif.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial dalam pendidikan bahasa Arab.
- Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan bahasa Arab.
- Terwujudnya program pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi pengembangan literasi bahasa Arab di berbagai kalangan.
- Terjalinnya jejaring kerja sama yang luas untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Membentuk lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa Arab aktif dan pasif (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis) secara komprehensif.
Profil Lulusan
Lulusan program studi S1 Pendidikan Bahasa Arab IMC dipersiapkan untuk menjadi individu yang kompeten, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi dalam berbagai bidang yang relevan dengan keahlian bahasa Arab dan pendidikan. Berikut adalah profil lulusan utama:
- Pendidik/ Guru Bahasa Arab Profesional
Lulusan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga lembaga non-formal, dengan menguasai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Mereka terampil dalam menggunakan berbagai metode, strategi, dan media pembelajaran yang inovatif, termasuk pemanfaatan teknologi digital. - Praktisi/ Peneliti Bahasa Arab
Lulusan memiliki kemampuan analisis dan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab. Mereka mampu mengidentifikasi masalah, melakukan penelitian, serta mengembangkan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab atau kajian linguistik dan sastra Arab, yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. - Pengembang Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Bahasa Arab
Lulusan mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi bahan ajar serta media pembelajaran bahasa Arab yang kreatif dan efektif, baik secara konvensional maupun digital, untuk berbagai tingkatan dan kebutuhan pembelajar. - Penerjemah/ Interpreter Bahasa Arab Dasar
Lulusan memiliki kemampuan dasar dalam menerjemahkan teks (tertulis) dan melakukan interpretasi lisan (dasar) dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, serta dapat menjadi jembatan komunikasi dalam konteks keagamaan, pendidikan, atau sosial.
Profil utama lulusan
Pendidik Bidang Studi Bahasa Arab pada sekolah/ madrasah (SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK) yang memiliki kemampuan aplikasi pedagogis dan professional di bidang pendidikan bahasa Arab yang berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, transformatif, kolaboratif, dan bertanggung jawab berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.
Profil tambahan lulusan
- Pelatih/Instruktur Bahasa Arab: Instruktur/pelatih bahasa Arab pada anak-anak, lembaga kursus bahasa Arab, kegiatan haji dan umrah, kegiatan ketenagakerjaan yang berhubungan dengan negara Arab
- Pengembang pembelajaran bahasa Arab: Pengembang materi (penulis buku Ajar/LKS), metode, dan evaluasi (tes) pembelajaran bahasa Arab
- Pengelola lembaga Pendidikan: Pengelola lembaga/satuan Pendidikan
- Penerjemah bahasa Arab: Penerjemah profesional bahasa Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab
- Peneliti di bidang yang berkaitan dengan bahasa, pembelajaran, dan budaya Arab: Pengkaji permasalahan bahasa, pembelajaran, dan budaya Arab serta mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah
- Jurnalis Bahasa Arab: kontributor berita berbahasa Arab untuk media berbahasa Arab atau pengelola website kontennya berhubungan dengan bahasa, budaya, atau pembelajaran bahasa Arab
- Penulis karya ilmiah keilmuan bahasa, budaya, dan pembelajaran bahasa Arab: Penulis artikel, buku referensi, buku panduan, penyusun kamus
- Wirausahawan: Menjadi pelaku usaha di bidang pendidikan dan kebahasaan Arab, seperti penyedia layanan pelatihan bahasa Arab, penerbitan, tur edukatif ke negara Arab, atau usaha berbasis konten Arab
- Guru Pendidikan Agama Islam: Mengajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan integratif, mengandalkan pemahaman mendalam atas bahasa Arab sebagai bahasa utama sumber ajaran Islam.
- Asisten Dosen atau Calon Akademisi: Mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi di bidang bahasa Arab, serta melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi untuk menjadi dosen atau peneliti.
Kurikulum
Kurikulum Program Studi PBA Institut Muslim Cendekia dirancang sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Mata kuliah yang disajikan mencakup kompetensi utama dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab, baik dari aspek kebahasaan, pendidikan, maupun keislaman. Sebagai kampus berbasis pesantren, Program Studi PBA Institut Muslim Cendekia juga memberikan tambahan mata kuliah khusus yang mendukung visi keislaman dan pembinaan karakter mahasiswa. Mata kuliah ini tidak dibebani SKS seperti mata kuliah reguler, namun tetap memiliki jadwal pertemuan (dinyatakan dalam الحصص/jam pelajaran). Keberadaan mata kuliah ini menjadi ciri khas program studi sekaligus penguatan nilai-nilai spiritual dan intelektual mahasiswa.
Tabel berikut menampilkan susunan mata kuliah Program Studi PBA beserta bobot SKS dan/atau jumlah jam pertemuan (الحصص) sesuai dengan level semester.
Semester 1
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB1103 | Nahwu (Mu’rab min Asma) نحو (1) | 3 |
2 | ARB1302 | Tadribat Lughawiyah (Akhtha Lughawiyah) التدريبات اللغوية (1) | 2 |
3 | ARB1403 | Balaghah (Tasybih-Majaz-Kinayah) البلاغة (1) – البيان | 3 |
4 | ARB1703 | Aqidah Islamiyah (Syahadatain) العقيدة (1) | 2 |
5 | ARB1743 | Tafsir Al-Qur’an (Al-Baqarah) التفسير (1) | 2 |
6 | ARB1803 | Hadits (Thaharah) أحاديث الأحكام (1) | 2 |
7 | ARB1862 | Sirah Nabawiyah السيرة النبوية | 2 |
8 | RYH1003 | Pendidikan Agama Islam التربية الإسلامية | 3 |
Jumlah SKS | 19 |
Semester 2
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB1113 | Nahwu (Kana wa Akhwatuha) نحو (2) | 3 |
2 | ARB1312 | Tadribat Lughawiyah (Tahlil Nushush) التدريبات اللغوية (2) | 3 |
3 | ARB1413 | Balaghah (Al-Khabar wa Al-Insya) البلاغة (2) – المعاني | 3 |
4 | ARB1432 | Nushush Adabiyah النصوص الأدبية | 3 |
5 | ARB1713 | Tauhid (Iman) العقيدة (2) | 2 |
6 | ARB1753 | Tafsir Qur’an (Ali Imran) التفسير (2) | 2 |
7 | ARB1813 | Hadits (Shalat Fardhu) أحاديث الأحكام (2) | 2 |
8 | ARB1872 | Tarikh Khulafa تاريخ الخلفاء | 2 |
Jumlah SKS | 20 |
Semester 3
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB2123 | Nahwu (Fail wa Maf’ul) نحو (3) | 3 |
2 | ARB2423 | Balaghah (Al-Ma’ani ‘an Huruf Ma’ani) البلاغة (3) – المعاني والبديع | 3 |
3 | ARB2693 | Komputer الحاسوب الآلي | 2 |
4 | ARB2723 | Tauhid (Aqidah Ahlu Sunnah) العقيدة (3) | 2 |
5 | ARB2773 | Dirasat Qur’aniyah (Al-Baqarah) التفسير (3) | 2 |
6 | ARB2823 | Hadits (Shalat Sunnah) أحاديث الأحكام (3) | 2 |
7 | ARB2883 | Sejarah Kebudayaan Islam التاريخ الإسلامي | 2 |
8 | RYH2002 | Pendidikan Kewarganegaraan التربية الوطنية | 2 |
9 | RYH2021 | Pancasila المبادئ الخمس | 2 |
Jumlah SKS | 20 |
Semester 4
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB2133 | Nahwu (Hal) نحو (4) | 3 |
2 | ARB2503 | Linguistik (Ilmu Lughah) مقدمة في علم اللغة | 3 |
3 | ARB2602 | Landasan Pedagogis (Ilmu Pendidikan) مقدمة في تعليم اللغة | 2 |
4 | ARB2683 | Penulisan Akademik الكتابة الأكاديمية | 2 |
5 | ARB2733 | Tauhid (Masail Aqidah) العقيدة (4) | 2 |
6 | ARB2783 | Dirasat Qur’aniyah (An-Nisa) التفسير (4) | 2 |
7 | ARB2833 | Hadits (Shaum-Zakat-Shadaqah) أحاديث الأحكام (4) | 2 |
8 | RYH2012 | Pendidikan Bahasa Indonesia اللغة الإندونيسية | 2 |
Jumlah SKS | 18 |
Semester 5
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB3203 | Morfologi (Ilmu Sharf) صرف | 3 |
2 | ARB3532 | Fiqhul Lughah فقه اللغة | 3 |
3 | ARB3542 | Lahjat ‘Arabiyah اللهجات العربية | 3 |
4 | ARB3613 | Psikologi Pendidikan Islam علم النفس التربوي | 3 |
5 | ARB3643 | Manajemen Pendidikan Islam الإدارة التربوية | 3 |
6 | ARB3762 | Tadabur Al-Quran تفسير آيات الأحكام (1) | 2 |
7 | ARB3843 | Hadits (Haji wa Buyu’) أحاديث الأحكام (5) | 2 |
Jumlah SKS | 19 |
Semester 6
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB3213 | Bahasa Arab Tujuan Khusus تعليم اللغة العربية لأغراض خاصة | 3 |
2 | ARB3443 | Balaghah Al-Quran تفسير آيات الأحكام (2) | 2 |
3 | ARB3513 | Sosiolinguistik علم اللغة الاجتماعي | 2 |
4 | ARB3562 | Tarjamah (Penerjemahan) الترجمة | 3 |
5 | ARB3573 | Semantik (Ilmu Dilalah wa Ma’ajim) علم الدلالة والمعاجم | 3 |
6 | ARB3602 | Basic English اللغة الإنجليزية (1) | 2 |
7 | ARB3623 | Metodologi Pembelajaran طرق التدريس | 3 |
8 | RYH3000 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik تطبيق خدمة المجتمع | 4 |
Jumlah SKS | 22 |
Semester 7
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB4523 | Psikolinguistik علم اللغة النفسي | 3 |
2 | ARB4553 | Taqabul Lughawi wa Tahlil Akhtha التقابل اللغوي وتحليل الأخطاء | 3 |
3 | ARB4613 | Advanced English اللغة الإنجليزية (2) | 2 |
4 | ARB4633 | Pembelajaran Bahasa Arab تعليم اللغة العربية | 3 |
5 | ARB4654 | Metodologi Penelitian Ilmiah منهج البحث العلمي | 3 |
6 | ARB4663 | Evaluasi Pendidikan تقويم المنهج الدراسي | 3 |
7 | ARB4673 | Strategi Pembelajaran Bahasa Arab استراتيجيات التعليم | 3 |
8 | ARB4853 | Hadits (Nikah) أحاديث الأحكام (7) | 2 |
Jumlah SKS | 22 |
Semester 8
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
---|---|---|---|
1 | ARB4984 | Program Pengalaman Lapangan (PPL) التطبيق العملي | 4 |
2 | ARB4994 | Skripsi (Al-Bahts al-Ilmi) البحث العلمي | 6 |
Jumlah SKS | 10 |