Call Us :

(0266) 750 3020

Mail Us Anytime:

info@mc.ac.id

S1 Pendidikan Bahasa Arab


Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Muslim Cendekia, yang sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Ar Rayah, secara resmi dibuka pada tanggal 19 November 2014. Pembukaan program studi ini didasarkan pada izin operasional dengan nomor 6568 tahun 2014. Lahirnya prodi ini karena dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat Indonesia di beberapa daerah terhadap guru bahasa Arab yang kompeten dan professional, baik di lembaga formal maupun non formal. Dengan semangat untuk mencerdaskan bangsa, Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Muslim Cendekia terus berupaya menjadi pusat pendidikan unggulan yang berorientasi pada kualitas, integritas, dan kontribusi nyata bagi kemajuan umat. Sebagai bentuk komitmen terhadap mutu akademik, Prodi PBA berhasil meraih akreditasi pertamanya pada tanggal 21 Maret 2017 dengan peringkat B. Keberhasilan ini kemudian dilanjutkan dengan pencapaian akreditasi kedua pada tanggal 22 Maret 2022, juga dengan peringkat B.
 

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Yang Unggul dan Berkualitas di Indonesia


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan dan industri.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif di bidang pendidikan bahasa Arab untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pendidikan bahasa Arab untuk kemaslahatan umat.
  4. Membentuk lulusan yang profesional, mandiri, dan berakhlak mulia melalui pembinaan karakter Islami yang kuat.
  5. Membangun kerja sama strategis dengan lembaga pendidikan, keagamaan, dan kebahasaan baik di tingkat nasional maupun internasional.
    ecara komprehensif.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial dalam pendidikan bahasa Arab.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan bahasa Arab.
  3. Terwujudnya program pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi pengembangan literasi bahasa Arab di berbagai kalangan.
  4. Terjalinnya jejaring kerja sama yang luas untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Membentuk lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa Arab aktif dan pasif (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis) secara komprehensif.

Profil Lulusan
Lulusan program studi S1 Pendidikan Bahasa Arab IMC dipersiapkan untuk menjadi individu yang kompeten, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi dalam berbagai bidang yang relevan dengan keahlian bahasa Arab dan pendidikan. Berikut adalah profil lulusan utama:

  1. Pendidik/ Guru Bahasa Arab Profesional
    Lulusan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga lembaga non-formal, dengan menguasai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Mereka terampil dalam menggunakan berbagai metode, strategi, dan media pembelajaran yang inovatif, termasuk pemanfaatan teknologi digital.
  2. Praktisi/ Peneliti Bahasa Arab
    Lulusan memiliki kemampuan analisis dan penelitian di bidang pendidikan bahasa Arab. Mereka mampu mengidentifikasi masalah, melakukan penelitian, serta mengembangkan inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab atau kajian linguistik dan sastra Arab, yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
  3. Pengembang Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Bahasa Arab
    Lulusan mampu merancang, mengembangkan, dan memproduksi bahan ajar serta media pembelajaran bahasa Arab yang kreatif dan efektif, baik secara konvensional maupun digital, untuk berbagai tingkatan dan kebutuhan pembelajar.
  4. Penerjemah/ Interpreter Bahasa Arab Dasar
    Lulusan memiliki kemampuan dasar dalam menerjemahkan teks (tertulis) dan melakukan interpretasi lisan (dasar) dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, serta dapat menjadi jembatan komunikasi dalam konteks keagamaan, pendidikan, atau sosial.

Profil utama lulusan
Pendidik Bidang Studi Bahasa Arab pada sekolah/ madrasah (SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK) yang memiliki kemampuan aplikasi pedagogis dan professional di bidang pendidikan bahasa Arab yang berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif, transformatif, kolaboratif, dan bertanggung jawab berbasis pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.

Profil tambahan lulusan

  1. Pelatih/Instruktur Bahasa Arab: Instruktur/pelatih bahasa Arab pada anak-anak, lembaga kursus bahasa Arab, kegiatan haji dan umrah, kegiatan ketenagakerjaan yang berhubungan dengan negara Arab
  2. Pengembang pembelajaran bahasa Arab: Pengembang materi (penulis buku Ajar/LKS), metode, dan evaluasi (tes) pembelajaran bahasa Arab
  3. Pengelola lembaga Pendidikan: Pengelola lembaga/satuan Pendidikan
  4. Penerjemah bahasa Arab: Penerjemah profesional bahasa Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab
  5. Peneliti di bidang yang berkaitan dengan bahasa, pembelajaran, dan budaya Arab: Pengkaji permasalahan bahasa, pembelajaran, dan budaya Arab serta mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah
  6. Jurnalis Bahasa Arab: kontributor berita berbahasa Arab untuk media berbahasa Arab atau pengelola website kontennya berhubungan dengan bahasa, budaya, atau pembelajaran bahasa Arab
  7. Penulis karya ilmiah keilmuan bahasa, budaya, dan pembelajaran bahasa Arab: Penulis artikel, buku referensi, buku panduan, penyusun kamus
  8. Wirausahawan: Menjadi pelaku usaha di bidang pendidikan dan kebahasaan Arab, seperti penyedia layanan pelatihan bahasa Arab, penerbitan, tur edukatif ke negara Arab, atau usaha berbasis konten Arab
  9. Guru Pendidikan Agama Islam: Mengajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan integratif, mengandalkan pemahaman mendalam atas bahasa Arab sebagai bahasa utama sumber ajaran Islam.
  10. Asisten Dosen atau Calon Akademisi: Mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi di bidang bahasa Arab, serta melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi untuk menjadi dosen atau peneliti.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi PBA Institut Muslim Cendekia dirancang sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Mata kuliah yang disajikan mencakup kompetensi utama dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab, baik dari aspek kebahasaan, pendidikan, maupun keislaman. Sebagai kampus berbasis pesantren, Program Studi PBA Institut Muslim Cendekia juga memberikan tambahan mata kuliah khusus yang mendukung visi keislaman dan pembinaan karakter mahasiswa. Mata kuliah ini tidak dibebani SKS seperti mata kuliah reguler, namun tetap memiliki jadwal pertemuan (dinyatakan dalam الحصص/jam pelajaran). Keberadaan mata kuliah ini menjadi ciri khas program studi sekaligus penguatan nilai-nilai spiritual dan intelektual mahasiswa.

Tabel berikut menampilkan susunan mata kuliah Program Studi PBA beserta bobot SKS dan/atau jumlah jam pertemuan (الحصص) sesuai dengan level semester.

Semester 1

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB1103Nahwu (Mu’rab min Asma) نحو (1)3
2ARB1302Tadribat Lughawiyah (Akhtha Lughawiyah) التدريبات اللغوية (1)2
3ARB1403Balaghah (Tasybih-Majaz-Kinayah) البلاغة (1) – البيان3
4ARB1703Aqidah Islamiyah (Syahadatain) العقيدة (1)2
5ARB1743Tafsir Al-Qur’an (Al-Baqarah) التفسير (1)2
6ARB1803Hadits (Thaharah) أحاديث الأحكام (1)2
7ARB1862Sirah Nabawiyah السيرة النبوية2
8RYH1003Pendidikan Agama Islam التربية الإسلامية3
Jumlah SKS19

Semester 2

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB1113Nahwu (Kana wa Akhwatuha) نحو (2)3
2ARB1312Tadribat Lughawiyah (Tahlil Nushush) التدريبات اللغوية (2)3
3ARB1413Balaghah (Al-Khabar wa Al-Insya) البلاغة (2) – المعاني3
4ARB1432Nushush Adabiyah النصوص الأدبية3
5ARB1713Tauhid (Iman) العقيدة (2)2
6ARB1753Tafsir Qur’an (Ali Imran) التفسير (2)2
7ARB1813Hadits (Shalat Fardhu) أحاديث الأحكام (2)2
8ARB1872Tarikh Khulafa تاريخ الخلفاء2
Jumlah SKS20

Semester 3

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB2123Nahwu (Fail wa Maf’ul) نحو (3)3
2ARB2423Balaghah (Al-Ma’ani ‘an Huruf Ma’ani) البلاغة (3) – المعاني والبديع3
3ARB2693Komputer الحاسوب الآلي2
4ARB2723Tauhid (Aqidah Ahlu Sunnah) العقيدة (3)2
5ARB2773Dirasat Qur’aniyah (Al-Baqarah) التفسير (3)2
6ARB2823Hadits (Shalat Sunnah) أحاديث الأحكام (3)2
7ARB2883Sejarah Kebudayaan Islam التاريخ الإسلامي2
8RYH2002Pendidikan Kewarganegaraan التربية الوطنية2
9RYH2021Pancasila المبادئ الخمس2
Jumlah SKS20

Semester 4

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB2133Nahwu (Hal) نحو (4)3
2ARB2503Linguistik (Ilmu Lughah) مقدمة في علم اللغة3
3ARB2602Landasan Pedagogis (Ilmu Pendidikan) مقدمة في تعليم اللغة2
4ARB2683Penulisan Akademik الكتابة الأكاديمية2
5ARB2733Tauhid (Masail Aqidah) العقيدة (4)2
6ARB2783Dirasat Qur’aniyah (An-Nisa) التفسير (4)2
7ARB2833Hadits (Shaum-Zakat-Shadaqah) أحاديث الأحكام (4)2
8RYH2012Pendidikan Bahasa Indonesia اللغة الإندونيسية2
Jumlah SKS18

Semester 5

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB3203Morfologi (Ilmu Sharf) صرف3
2ARB3532Fiqhul Lughah فقه اللغة3
3ARB3542Lahjat ‘Arabiyah اللهجات العربية3
4ARB3613Psikologi Pendidikan Islam علم النفس التربوي3
5ARB3643Manajemen Pendidikan Islam الإدارة التربوية3
6ARB3762Tadabur Al-Quran تفسير آيات الأحكام (1)2
7ARB3843Hadits (Haji wa Buyu’) أحاديث الأحكام (5)2
Jumlah SKS19

Semester 6

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB3213Bahasa Arab Tujuan Khusus تعليم اللغة العربية لأغراض خاصة3
2ARB3443Balaghah Al-Quran تفسير آيات الأحكام (2)2
3ARB3513Sosiolinguistik علم اللغة الاجتماعي2
4ARB3562Tarjamah (Penerjemahan) الترجمة3
5ARB3573Semantik (Ilmu Dilalah wa Ma’ajim) علم الدلالة والمعاجم3
6ARB3602Basic English اللغة الإنجليزية (1)2
7ARB3623Metodologi Pembelajaran طرق التدريس3
8RYH3000Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik تطبيق خدمة المجتمع4
Jumlah SKS22

Semester 7

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB4523Psikolinguistik علم اللغة النفسي3
2ARB4553Taqabul Lughawi wa Tahlil Akhtha التقابل اللغوي وتحليل الأخطاء3
3ARB4613Advanced English اللغة الإنجليزية (2)2
4ARB4633Pembelajaran Bahasa Arab تعليم اللغة العربية3
5ARB4654Metodologi Penelitian Ilmiah منهج البحث العلمي3
6ARB4663Evaluasi Pendidikan تقويم المنهج الدراسي3
7ARB4673Strategi Pembelajaran Bahasa Arab استراتيجيات التعليم3
8ARB4853Hadits (Nikah) أحاديث الأحكام (7)2
Jumlah SKS22

Semester 8

NoKodeMata KuliahSKS
1ARB4984Program Pengalaman Lapangan (PPL) التطبيق العملي4
2ARB4994Skripsi (Al-Bahts al-Ilmi) البحث العلمي6
Jumlah SKS10